MEMAKNAI BULAN BAHASA


           Memperingati bulan bahasa bagi kita adalah sebuah rutinitas tahunan. Namun, pernahkah kita menyadari makna dari adanya peringatan bulan bahasa bagi kita bangsa Indonesia? Tentu jika kita ditanya demikian, jawabannya adalah untuk mengikuti lomba-lomba seputar bulan bahasa seperti lomba puisi, pidato, cerpen, esai dsb. Itu adalah jawaban yang wajar bagi kita, terutama di kalangan pelajar yang memang biasa mengikuti peringatan bulan bahasa di sekolahnya masing-masing. Nah, kalau dicermati ada yang terlupakan, kita sepertinya sudah mulai meninggalkan makna penting yang terkandung dari peringatan bulan bahasa yang biasa dilaksanakan di bulan Oktober. Bulan bahasa kita maknai dengan  memahami dan lebih mendalami penggunaan bahasa Indonesia kita sebagai bahasa nasional bangsa Indonesia yang mempersatukan semua daerah-daerah di seluruh pelosok Indonesia sehingga mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI yang memang seharusnya dan telah terikrar penggunaan bahasa nasional dalam bunyi Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober yaitu “Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.” Dari pernyataan tersebut, kita sudah mengakui penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, bahasa pemersatu bangsa

             Banyak cara yang bisa kita lakukan selain merayakan bulan bahasa dengan mengikuti perlombaan sastra Indonesia, antara lain belajar mengenai sejarah bahasa kita bahasa Indonesia, sekarang sudah banyak media elektronik yang dapat kita gunakan untuk belajar seperti internet. Dari media tersebut banyak hal yang dapat kita ambil pelajaran-pelajaran penting untuk membangkitkan rasa nasionalisme kita. Tidak hanya itu, sekarang dengan semakin maraknya penggunaan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter kita dapat saling berbagi informasi dan pelajaran sesama anak Indonesia untuk dapat meningkatkan pemahaman dan rasa nasionalisme kita terhadap bahasa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.  Dengan media jejaring sosial kita juga dapat membuat Komunitas Bahasa Indonesia yang bertujuan untuk memajukan bahasa dan sastra Indonesia menjadi lebih baik lagi. Tidak ada kata susah jika kita mau berusaha, demi negaraku dan bahasaku semua akan terasa lebih mudah. Jiwa nasionalisme lebih terasa membara bagi kita yang mau berkorban untuk kemajuan negara kita. Hidup Indonesia!!!

                  Oleh karena itu, kita sebagai anak bangsa dan penerus bangsa yang 100% Cinta Tanah Air, mari tumbuhkan rasa cinta dan bangga kepada bangsa, bahasa, dan sastra Indonesia yang memang seharusnya kita lakukan. Bagaimana kita mau disebut warga negara Indonesia kalau kita sendiri sudah melupakan bahasa nasional kita bahasa Indonesia. Kita malah terlalu asyik dengan mempelajari bahasa dan kebudayaan asing yang tidak terlalu penting kita lakukan. Semestinya kita pelajari dan pahami bahasa dan budaya negara kita terlebih dahulu, kita majukan sastra Indonesia sehingga dapat bersaing dengan sastra-sastra asing yang memang lebih maju dibanding sastra kita. Tapi, itu seharusnya malah menjadi cambuk semangat bagi kita untuk memajukan sastra kita sastra Indonesia di dunia. Karena kalau bukan kita, lalu siapa lagi? Semua itu memang tidak bisa serentak bersamaan tapi dapat kita mulai dari diri kita sendiri, lalu lingkungan kita, sekolah kita dan terus berkembang sampai seluruh Indonesia. Jangan kita malu berbahasa Indonesia, banggalah dengan bahasa kita, bahasa pemersatu kita, bahasa nasional negara kita Negara Kesatuan Republik Indonesia kita tercinta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s